BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 01 Desember 2009

Renungan

Muda kaya raya, tua bahagia, mati masuk surga, hidup santai masa depan cerah, istri cantik mertua kaya. Itulah ungkapan yang kerap dilontarkan para anak muda ! Sebuah cita-cita yang tak ada orang yang mau menolaknya, bahagia didunia dan diakhirat siapa sih yang tidak mau ? Namun kalau hanya keinginan tanpa usaha jadinya angan-angan, sedangkan usaha tanpa tujuan jadinya tanpa arah. Bertaqwa menjadikan hidup selaras antara tujuan dan usaha, dunia dengan akhirat.

Pengaruh taqwa akan terkait atau berhubungan dengan yang lainnya. Kepribadian kita akan terpancar, menjadi pribadi yang mempesona. Enak kan, kita tidak perlu lagi tebar pesona. Ngapain tebar pesona ? bukankah orang2/ disekitar kita akan dapat merasakan pancaran dari derajat taqwa ! Tapi, kalau orang disekitar kita tidak merasakan apa-apa, bahkan sebaliknya bawaan kita terasa panas … panas … !!! dan membuat orang lain tidak nyaman itu bukan taqwa namanya ! Itu nakal namanya.

Ada 3 macam keuntungan dari remaja bertaqwa :
 Remaja Bertaqwa Akan Mendapat Rahmat dari Allah SWT.

Sebelumnya marilah kita menelaah pengertian kata “taqwa” dengan mengutip kajian Prof. DR. Toshihiko Izutsu yang termuat dalam bukunya “Ethico Religious Concept in the Qur’an”, dalam pengertian taqwa terkandung suasana takut yaitu takut kepada Allah SWT, yang pada mula diturunkannya dilatar belakangi oleh ketakutan tentang datangnya hari kiamat.

Allah berfirman Q.S. Al Anbiya’ : 48 – 49 yang artinya “Orang-orang yang bertaqwa, yaitu orang yang takut akan azab tuhan mereka, sedang mereka tidak melihat- Nya dan mereka merasa takut akan tibanya hari kiamat.”
Dengan ayat ini disimpulkan bahwa ketakutan yang terkandung dalam makna taqwa mengandung visi eskatologis.

Itu mengenai pengertian taqwa, sekarang kita kembali lagi kepada keuntungan remaja bertaqwa yang pertama yaitu akan mendapat rahmat dari Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam Q.S. Al Hujurat : 10

Artinya : Dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapatkan rahmat.

Demikianlah janji Allah SWT kepada orang yang bertaqwa, diberikannya kepada kita rahmat yang tak ternilai dan juga kita dapat menjalani hidup dengan rahmat Allah yang bertebaran di muka bumi ini. Diturunkan-Nya hujan dari langit, sehingga tumbuhlah berbagai macam tanaman yang bermamfaat, dan masih banyak lagi nikmat yang lainnya. Diberikan rahmat pada suatu negeri seperti yang tertuang dalam pepatah minang “bapak kayo mandeh batuah, mamak disambah urang pulo, padi masak jaguang maupiah urang kampuang sanang santoso”.

Semua itu diberikan oleh Allah secara cuma-cuma kepada manusia, kita hanya wajib mensyukurinya. Coba bayangkan kalau udara yang kita hirup ini harus bayar ! Mumpung selagi gratis semuanya marilah kita bersama selalu bersyukur atas nikmat Allah itu. Jika sedemikian luas nikmat Allah, maka mengapa kita tidak berusaha meraihnya ? dan salah satu kunci untuk memperoleh rahmat Allah itu adalah dengan taqwa. Maka jadilah orang yang bertaqwa, agar mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Remaja Bertaqwa Akan Mendapatkan Kecintaan Allah SWT.

Allah berfirman Q.S. At-taubah : 4

Artinya : Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaqwa.


Ketika mendapatkan kecintaan dari seseorang kita pasti merasakan kebahagiaan, hidup terasa indah dan hatipun berbunga-bunga. Apalagi kecintaan dari Allah, yaitu “cinta yang hakiki” yang takkan pernah pudar “ndak lakang dek paneh, ndak lapuak dek hujan” yang merupakan segala sumber kebahagiaan & keberuntungan dunia dan akhirat.

Cinta manusia itu didasari atas dasar untung sama untung, yang mana kedua pihak saling menguntungkan, sedangkan cinta Allah sedikitpun tidak ada unsur itu. Sebab Allah tidak membutuhkan apa2/ dari manusia, karena Allah maha kaya, maha kuasa dan maha segalanya.

Kecintaan Allah SWT kepada manusia adalah bahwa Ia menyusahkan kita dan membuat tidak layak untuk apapun kecuali untuk Allah. Jadi kalau kita itu ditimpa musibah berarti Allah itu masih sayang kepada kita, tergantung kepada kita menanggapi musibah tersebut, apa kita masih tetap bersabar atau tidak.

Jika menjadi orang yang bertaqwa maka kelak kita kan mendapatkan kecintaan Allah dan jika Allah SWT telah mencintai kita, maka Dia akan melimpahkan ketenangan atau ketentraman di dalam hati kita, Dia akan memberikan naungan atau perlindungan kepada kita, terutama perlindungan pada hari kiamat, hari yang pada saat itu tidak ada lagi naungan selain yang datang dari Allah, Dia akan menolong kita menghadapi kedahsyatan hari kebangkitan dan Dia akan memasukkan orang2/ yang dicintainya itu kedalam surga.

 Remaja Bertaqwa Akan Diberikan Jalan Keluar dari Kesulitan

Allah SWT berfirman Q.S. Ath-Thalaq : 2

Artinya : “… Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar”.

Adalah sebuah fakta bahwa perjalanan hidup kita didunia ini tidak selamanya mulus sesuai dengan harapan kita, banyak kesulitan yang harus dihadapi. Hidup ini penuh problema, semakin lama hidup masalah semakin banyak saja, badai dan topan datang silih berganti menerpa bahtera kehidupan kita.

Mulai dari kebutuhan tak tercukupi akibat kemacetan ekonomi, anak2/ tidak patuh pada nasihat orang tua dsb. Ada seribu satu permasaalahan yang kita hadapi dalam kehidupan ini. Dari permasaalahan2/ yang muncul dalam kehidupan seseorang, yang tentunya setiap orang mempunyai masalah yang relatif berbeda antara seseorang dengan yang lainya, ada yang sanggup diatasi sendiri, ada yang teratasi dengan bantuan orang lain, ada pula yang tidak teratasi lalu gantung diri, dengan kata lain jalan pintas dianggap pantas, ambil tali seutas langsung tewas.

Kita dapat mengatasi suatu masalah itu karena Allah SWT, karena pada dasarnya tidak ada kemampuan sekecil apapun yang dimiliki manusia, kecuali dengan pertolongan Allah!. Taqwa sebagai asas kehidupan akan mengantarkan kita pada kebenaran & keselamatan, dan asas selain taqwa akan membawa manusia pada kesesatan.

Untuk itu marilah jita semua beriman & bertaqwa kepada Allah agar mendapatkan rahmat Allah SWT, dan juga diberikan jalan keluar oleh Allah dari segala permasaalahan, terutama sekali para remaja karena ada 3 hadiah besar menanti anda ?!!.

0 komentar: